17.51 |
|
BAB
II
PERENCANAAN
PENETAPAN HARGA
A.
LINGKUNGAN PEMASARAN
Lingkungan pemasaran
merupakan factor-fakror diluar kendali pemasar, tetapi mempengaruhi pross
pemasaran. Pemasar harus memahami bahwa inti dari setiap usaha pemasar adalah
mengetahui perilaku konsumen dan lingkungan pemasaran.
Faktor-faktor
lingkungan yang mempengaruhi pemasaran meliputi :
a)
Lingkungan kompetitif
Pemasar
harus mempertimbangkan sifat persaingan pasar dimana perusahaan bersaing.
b)
Lingkungan ekonomi
Lingkungan
ekonomi terdiri dari faktor-faktor ekonomi yang mempengaruhi persaingan secara
taklangsung.
c)
Lingkungan internal perusahaan
Pemasar
juga tidak mempunyai kemampuan pengendalian yang sempurna terhadap sumber daya
dan sasaran-sasaran perusahaannya.
d)
Kebijaksanaan ekonomi
Kebijaksanaan
ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu kebijaksanaan fisikal dan kebijakan
pemerintahan untuk mempengaruhi kinerja ekonomi melalui mekanisme anggaran
belanca Negara.
e)
Lingkungan teknologi
Lingkungan
teknologi dapat berimplikasi terhadap peluang-peluang atau ancaman-ancaman
terhadap pemasar apabila produknya mempunyai perbedaan yang lebih unggul
dibandingkan oleh para pesaingnya sehingga produknya tidak dapat dengan mudah
ditiru atau dikembangkan oleh pesaingnya.
f)
Lingkungan budaya
Budaya
ditentukan oleh masyarakat. Budaya mempunyai pengaruh kuat terhadap pemasar karena
pola perilaku yang berbeda diantara budaya yang berbeda pula.
g)
Lingkungan politik hukum
Lingkugan
politik hukum dapat menjadi salah satu penghambat bagi pemasar, karena banyak
Negara mempunyai peraturan-peraturan mengenai advertising.
h)
Lingkungan social dan etika
Lingkungan
social dan etik juga merupakan faktor yang harus dipertimbangkan oleh para
pemasar, pemasar diharapkan bertindak sesuai dengan etika yang berlaku.
0 komentar:
Posting Komentar